Editorial Team LABS is a place where you can write and share story about anything and receive thoughtful, thorough feedback from Labs teams !!

10 Makanan Khas Sulawesi Utara Paling Populer dan Disukai

2 min read

Indonesia lebarnya tidak sebesar daun kelor, ada banyak tempat wisata populer selain di Pulau Jawa atau Sumatera. Salah satunya adalah Provinsi Sulawesi Utara. Saat kamu berlibur ke Sulawesi Utara, tempat paling populer yang pertama dikunjungi adalah Manado.

Manado memiliki banyak sekali makanan khas yang sayang sekali apabila dilewatkan begitu saja. Jika sebelumnya kamu hanya pernah mencicipi bubur manado atau ayam rica-rica pastikan untuk mencoba makanan khas lainnya.

Makanan Khas Sulawesi Utara yang Populer

Liburan ke Sulawesi Utara akan sangat menyenangkan bila dilakukan selama beberapa hari. Agar kamu bisa memulai wisata kuliner dengan cepat untuk menghemat banyak waktu. Berikut ini rangkuman makanan khas paling populer di Provinsi Sulawesi Utara:

1. Mie Cakalang

Suka makan makanan kuah yang berat dan mengenyangkan? Maka kamu bisa memesan mie cakalang khas Manado untuk makan siang. Rasa dan aroma dari makanan ini sangat khas.

Ikan cakalang yang digunakan sangat melimpah jadi rasanya sangat kaya. Kamu yang hobi makan seafood wajib mengkonsumsi makanan ini terutama di musim dingin. Makan mie cakalanga tanpa nasi sudah cukup mengenyangkan karena sudah ada mie kuning di dalamnya.

2. Bubur Manado

Salah satu makanan khas Sulawesi Utara masih datang dari Manado. Di kota asalnya, bubur ini populer sebagai Bubur Tinutuan. Masyarakat local makan bubur ini sebagai menu sarapan.

Disajikan dengan kuah yang gurih, suwiran ikan cakalang, sambol roa yang khas juga jambal asin kering. Selain Mie Cakalang, kamu bisa menikmati kesegaran dan rasa gurih dari ikan cakalang di Bubur Manado.

3. Klapertart

Kamu tidak perlu pusing memilih oleh-oleh saat liburan di Sulawesi Utara, karena hampir di tiap kota ada toko yang menjual klapertart. Kue ini berbahan dasar tepung, kelapa, mentega, susu dan telur.

Klapertart kini hadir dengan pilihan rasa yang lebih banyak, tidak hanya memakai bahan dasar kelapa. Ada yang rasa keju, cokelat bahkan rasa durian. Kamu bisa beli klapertart dihari terakhir liburan agar kondisi makanan tetap bagus saat pulang ke rumah.

4. Saut

Makanan khas Sulawesi Utara selanjutnya adalah saut. Bahan dasar dari makanan ini cukup familiar di pedesaan tapi jarang ditemui di kota besar. Saut merupakan olahan makanan dari batang pisang muda.

Bahan utama diiris lalu ditumis dengan bumbu rempah khas. Ketika kamu menghadiri upacara pernikahan di Minahasa, kamu bisa menemukan saut dengan mudah. Saut terbiasa disediakan di acara resepsi pernikahan.

5. Cakalang Fufu

Dari visualnya saja sudah terlihat lezat dan menggiurkan. Olahan makanan dari Cakalang memang banyak ditemukan di Sulawesi Utara, terutama Cakalang Fufu ini. Ikan segar diolah dengan cara diasap lalu diolah kembali menjadi cakalang fufu saus santai atau cakalang fufu saus lainnya.

Menemukan restoran atau warung makan yang menjual hidangan ini tidak sulit, ada banyak di pasar tradisional Manado maupun sekitar Jembatan Sario.

6. Nasi Jaha

Melakukan wisata kuliner di Manado, kurang tepat jika tidak mencoba makanan khas berbahan dasar ketan ini. Nasi Jaha termasuk makanan khas Sulawesi Utara yang kaya akan rasa.

Makanan ini rasanya unik dan khas karena proses memasaknya yang tidak biasa yakni dibakar, nasi dibungkus dengan menggunakan daun pisang lalu dimasukkan ke batang bambu. Menikmati Nasi Jaha tidak cukup jika hanya satu saja, setidaknya kamu bisa menghabiskan 2-3 sebagai menu camilan.

7. Panada

Selain klapertart, kue camilan lain yang populer di Manado adalah Panada. Makanan ini bahkan bisa kita temui dengan mudah di kota lainnya di Indonesia. Meski bukan jenis makanan yang sulit ditemukan, rasa panada di Manado dengan kota lain tentunya berbeda.

Jika kamu ingin membedakan kekayaan rasa dari camilan lezat ini, jangan sampai lupa untuk pergi ke pasar tradisional untuk membeli panada.

8. Dabu-dabu dan Sambal Roa

Selain semua makanan khas Sulawesi Utara tersebut, kita juga bisa menikmati dabu-dabu atau sambal roa. Keduanya bukan camilan atau makanan berat melainkan sambal khas yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Sulawesi Utara.

Sambal roa dibuat dari ikan roa yang dikeringkan setelah itu diasap dan ditumbuk sampai benar-benar halus bersama adonan cabai dan bumbu dapur lainnya. Perbedaannya dengan dabu-dabu, ada pada bahan utamanya. Dabu-dabu sendiri dibuat dari tomat, cabai dan bawang merah yang dipotong kecil-kecil lalu disajikan.

9. Ayam Rica-Rica

Penggemar cabai dianjurkan untuk mampir sebentar ke rumah makan Manado untuk mencicipi kelezatan dari ayam rica-rica. Saking populernya bahkan kini ada banyak sekali menu makanan yang menggunakan bumbu rica-rica.

Meskipun kamu bisa membuat ayam rica-rica sendiri, pasti rasanya berbeda jika menikmati sepiring nasi hangat dengan ayam rica-rica di Manado.

10. Woku Belanga

Makanan khas Sulawesi Utara terakhir yang direkomendasikan adalah Woku Belanga. Makanan ini memakai ikan sebagai bahan utamanya yang kemudian diolah dengan bumbu woku yang khas.

Sebenarnya ada dua jenis penyajian woku, selain woku belanga yaitu daun woka. Bedanya terdapat pada proses pengolahannya saja.

Editorial Team LABS is a place where you can write and share story about anything and receive thoughtful, thorough feedback from Labs teams !!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *