Community Guideline

Labs Jawarakonten adalah platform terbuka bagi siapa saja untuk belajar menulis, berbagi pemikiran, menulis pengalaman, dan memulai sebuah percakapan dengan siapapun di internet melalui rangkaian tulisan.

Kami percaya akan kekuatan sebuah tulisan, bahwa coretan sederhana yang kita bagikan kepada orang lain, entah sekarang atau nanti, entah sedikit atau banyak, pasti akan memberikan sebuah kebaikan, meskipun kita sendiri tidak tahu tulisan itu bermanfaat untuk siapa.

Community Guideline

Maka dari itu, untuk memastikan semua itu berjalan dalam koridor yang sudah ditentukan, setiap konten yang diterbitkan di Labs Jawarakonten harus memenuhi pedoman dan persyaratan konten yang sudah ditentukan seperti hal-hal berikut ini:

  • Hak Kekayaan Intelektual: Setiap pengguna platform Labs Jawarakonten harus menghargai hak cipta, hak merek, dan hak-hak kekayaan intelektual orang lain. Bagikanlah konten yang Anda miliki sendiri atau Anda berhak untuk membagikannya. Untuk foto dan media lainnya, penulis bisa mengambilnya melalui situs bebas licensi seperti pixabay, unsplash, pixels, dan sebagainya. Jika menggunakan gambar dari situs lain, silahkan cantumkan sumber foto.
  • Merek Dagang: Labs Jawarakonten memiliki hak untuk menangguhkan akun-akun atau melakukan tindakan-tindakan yang dianggap perlu ketika seseorang menggunakan merek atau merek dagang orang lain, termasuk nama dan/atau logo bisnis pihak lain (termasuk penggunaan logo atau nama dagang LABS JAWARAKONTEN), yang digunakan dengan cara menyesatkan atau membingungkan orang lain.
  • Hak Cipta: Kami akan merespon terhadap laporan yang jelas dan lengkap mengenai adanya pelanggaran hak cipta. Anda tidak diperbolehkan untuk memberikan konten atau komentar atau sejenisnya yang melanggar hak cipta orang lain, termasuk namun tidak terbatas pada plagiasi terhadap konten yang dimiliki oleh pihak lain, Prosedur mengenai hak cipta tersedia pada Ketentuan Layanan (terms of service) dan Ketentuan Hak Cipta.
  • Kekerasan Eksplisit (graphic violence), Konten Dewasa, dan Materi NSFW (Not Safe for Work):Kami menilai bahwa kekerasan eksplisit adalah segala macam bentuk konten yang mengandung darah berkaitan dengan kematian, luka serius, kekerasan, atau prosedur-prosedur bedah. Sedangkan, konten dewasa adalah segala macam bentuk konten berbau pronografi dan/atau yang mungkin ditujukan untuk menimbulkan gairah seksual.Sebagai tambahan, konten yang mengandung mutilasi, hubungan seksual atau hubungan seksual tidak diperbolehkan berada di platform Labs Jawarakonten. Materi NSFW termasuk diantaranya Konten Dewasa, perjudian, kekerasan, dan/atau konten terhadap barang atau jasa yang melanggar peraturan perundang-undangan. Labs Jawarakonten dapat, jika diperlukan, meminta Anda untuk menghapus atau secara diskresinya sendiri menghapus konten-konten yang mengandung kekerasan eksplisit untuk menghormati subjek tertentu atau keluarganya, jika Labs Jawarakonten mendapatkan permintaan demikian atau apabila pihak yang berwenang menginginkannya.
  • Penggunaan atau Konten yang Melawan Hukum (unlawful use): Labs Jawarakonten bukanlah platform untuk Anda gunakan dalam melakukan tindakan-tindakan yang melawan hukum, namun tidak terbatas kepada penipuan, penggelapan, pencucian uang, membagikan tautan ke pengunduhan yang tidak resmi, pencurian. Anda tidak diperkenankan menggunakan layanan kami untuk kegiatan apapun atau yang bertujuan melanggar ketentuan hukum dan/atau peraturan perundang-undangan. Dengan menggunakan platform Labs Jawarakonten, Anda setuju untuk tunduk dengan seluruh hukum yang berlaku berkaitan dengan perilaku dan konten Anda.
  • Memperjualbelikan nama pengguna: Anda tidak diperbolehkan untuk menjual atau membeli nama-nama pengguna pada platform Labs Jawarakonten.
  • Perilaku yang Abusive (sangat menyinggung atau menghina): Agar setiap pengguna platform Labs Jawarakonten dapat dengan nyaman dalam mengekspresikan berbagai opini, gagasan/ide, atau kepercayaan mereka, kami melarang perilaku-perilaku yang bersifat abusive (menyinggung atau menghina atau melecehkan), termasuk perilaku yang mengusik, mengintimidasi, mengancam, atau menggunakan rasa takut untuk membungkam pengguna lain dalam platform Labs Jawarakonten.
  • Kekerasan dan Tindakan-tindakan yang Membahayakan Fisik: Anda tidak diperkenankan untuk membuat ancaman kekerasan tertentu atau yang menyebabkan timbulnya tindakan-tindakan yang berbahaya secara fisik secara serius, kematian, atau penyakit-penyakit tertentu secara individual atau pada sekelompok orang. Hal ini termasuk namun tidak terbatas pada ancaman atau mempromosikan tindakan-tindakan terorisme atau ajaran-ajaran yang dapat menyebabkan seseorang atau lebih membahayakan fisiknya. Penyebaran Informasi berupa promosi, kampanye, atau aktivitas serupa berkaitan dengan Politik pembicaraan atau konten perihal isu-isu politik adalah bagian penting dalam membangun komunitas platform kami. Namun, pembicaraan atau konten demikian sering dapat memanas karena berpotensi memunculkan pandangan yang bersifat menyerang atau glorifikasi terhadap individual, sekelompok orang, organisasi atau entitas tertentu lainnya. Sering kali pembicaraan atau konten terkait dengan politik menciptakan informasi yang tidak benar atau palsu, sehingga dapat menyesatkan para pengguna platform Labs Jawarakonten.
  • Abuse: Anda tidak diperkenankan terlibat dalam pelecehan ataupun perlakuan kasar yang akan ditargetkan seseorang atau sekelompok orang, ataupun menghasut orang lain untuk melakukannya. Kami menilai bahwa perilaku pelecehan ataupun perlakuan kasar merupakan upaya melecehkan, mengintimidasi, atau membungkam opini, pemikiran, ataupun suara para pengguna lain dalam platform kami.
  • Tindakan yang Mengandung Kebencian: Anda tidak diperkenankan untuk mendukung, membuat, mempromosikan, atau mendorong adanya tindakan-tindakan kekerasan yang mengancam, mengusik, melecehkan, atau mengganggu orang lain atas dasar agama, kepercayaan, afiliasi agama, suku, ras, etnik, antar golongan, asal negara, orientasi seksual, jenis kelamin, identitas gender, usia, disabilitas, atau penyakit serius. Hal ini berlaku tidak hanya pada Konten yang pengguna (user) buat, tetapi mencakup gambar atau simbol yang digunakan sebagai profil pengguna, nama pengguna, nama tampilan, ataupun profil pada bio pengguna.
  • Penyerangan Pribadi: Pengguna diharapkan tidak menyerang atau melakukan penghinaan terhadap pengguna lainnya. Hal ini akan membantu Labs Jawarakonten untuk menjadi tempat yang lebih nyaman bagi komunitas. Untuk penyerangan terhadap tokoh masyarakat atau pimpinan negara, serta perkataan-perkataan kebencian kepada mereka, atas penilaian kami, tim Labs Jawarakonten dapat menghapus konten-konten yang mengandung hal-hal tersebut. Lebih lagi, apabila ternyata pernyataan atau perkataan tersebut sudah di luar batas, misalnya melecehkan, kami tidak akan segan untuk menangguhkan, menonaktifkan, atau menutup akun yang membagikan pernyataan penyerangan tokoh masyarakat tersebut.
  • Peniruan Identitas: Di dalam platform kami, Anda tidak diperkenankan untuk meniru identitas seseorang, sekelompok orang, grup, institusi, atau organisasi manapun dengan melakukan cara-cara yang berniat untuk atau bermaksud menyesatkan, membingungkan, atau mengecohkan orang lain. Anda dapat membuat lebih dari satu akun dalam platform kami, namun dalam keadaan apapun, akun tersebut tidak diperkenakan untuk dibuat dengan tujuan untuk terlibat dalam aktivitas spam atau tindakan-tindakan yang abusive.
  • Spam dan Keamanan: Anda tidak diperkenankan atau berusaha untuk menggunakan Labs Jawarakonten dengan tujuan spam. Di Labs Jawarakonten, spam secara umum diartikan sebagai suatu tindakan atau aktivitas dalam jumlah besar dan agresif yang bertujuan untuk memanipulasi atau mengganggu Labs Jawarakonten atau pengalaman pengguna Labs Jawarakonten dengan tujuan untuk mendorong traffic atau mendorong perhatian terhadap akun, maupun inisiatif lain yang berhubungan maupun tidak berhubungan dengan konten.

Melaporkan konten

Jika Anda melihat konten khusus-anggota yang Anda yakini melanggar aturan dan pedoman ini, tandai tulisan di produk atau kirimkan ke sosial media (Fanspage Jawarakonten)kami atau email (materi.jawarakonten@gmail.com) untuk ditinjau.