Editorial Team LABS is a place where you can write and share story about anything and receive thoughtful, thorough feedback from Labs teams !!

Apa itu Database? Inilah Pengertian, Fungsi dan Contoh Database

1 min read

apa itu database

Setiap harinya kita akrab dengan penggunaan perangkat keras canggih baik itu laptop maupun smartphone. Setiap harinya pula dengan perangkat tersebut kita akrab dengan banyak sekali aplikasi online maupun offline. Semua ini bisa diakses dengan mudah karena adanya peran sebuah pengolahan database.

Database adalah hal krusial di dalam sebuah sistem dan penciptaan sebuah aplikasi. Bagi Anda yang memang memiliki background dan ketertarikan terhadap IT dijamin paham fungsi dari database tersebut. Sebenarnya apa itu database? Supaya lebih paham, silahkan menyimak informasi di bawah ini.

Apa itu Database?

Definisinya secara umum, database adalah adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam perangkat komputer. Ini merupakan komponen penting dalam penyusunan kerangka awal sebuah sistem.

Setiap data yang berhasil dikumpulkan merupakan data-data yang sifatnya saling berhubungan atau  berkaitan. Berperan penting untuk menjalankan sebuah sistem yang membantu pengguna memperoleh informasi yang diinginkan.

Selain itu, dari sejumlah sumber pengertian database adalah sebuah sistem yang berfungsi untuk mengumpulkan file, tabel, maupun arsip yang saling terhubung dan kemudian disimpan di dalam perangkat elektronik.

Data di dalam database sendiri bisa dalam bentuk angka atau kombinasi antara angka dan huruf. Bisa pula dalam bentuk kalimat yang oleh orang awam bisa memahaminya dengan mudah. Namun, dalam beberapa kondisi data ini kemudian diubah menjadi angka dan dilaporkan dalam bentuk grafik maupun tabel atau semacamnya.

Fungsi Database

Database merupakan sekumpulan data dalam jumlah sangat banyak, proses mengumpulkannya bisa sangat lama sampai tahunan. Namun, mengapa seseorang atau sebuah perusahaan rela menghabiskan waktu lama untuk membangun kumpulan data tersebut? Rupanya, fungsi database adalah sangat kompleks atau beragam. Beberapa diantaranya adalah:

1. Mengelompokan Data

Mengumpulkan banyak data bukan tanpa tujuan, salah satunya adalah membantu mengelompokkan dan mengidentifikasi data tersebut. Sehingga sekumpulan data ini menampilkan informasi secara keseluruhan namun sudah dibuat terstruktur sehingga mudah dibaca dan dipahami sekaligus mudah untuk digunakan.

2. Menghindari Data Ganda

Mencatat data secara manual tanpa sistem memberi resiko pencatatan data ganda, yakni ada data yang sama namun dimasukkan lebih dari sekali. Data menjadi tidak akurat, dan dengan sistem database maka hal tersebut terselesaikan. Sebab ketika ada data yang sama akan langsung diketahui dan tidak dimasukan ke sistem.

3. Kemudahan dalam Mengolah Data

Data yang sudah dikumpulkan dalam kurun waktu tertentu perlu diubah, misalnya database anak sekolah. Setiap tahunnya tentu bertambah umur sehingga perlu diedit umur masing-masing siswa di kelas. Demikian juga jika ada yang pindah, maka ada proses pengurangan atau penghapusan data. Sehingga database membantu mengolah data tersebut.

4. Menjaga Kualitas Database

Dengan adanya database maka kualitas data tersebut lebih terjamin, kualitas disini adalah akurasi dari data. Sebab database akan dilindungi sistem keamanan supaya tidak ada yang hilang, rusak, dan tidak terbaca.

5. Solusi Penyimpanan Data secara Konvensional

Menyusun database di perangkat elektronik menjadi solusi untuk penyimpanan data secara konvensional. Dulunya akan membutuhkan banyak ruang sehingga boros tempat, namun dengan database cukup disimpan dalam satu perangkat komputer atau bahkan satu harddisk saja.

Contoh dari Database

Sedangkan untuk contoh database bisa mencakup data sebuah produk, merek, atau yang lainnya. Contoh sederhananya adalah database untuk daftar barang maka di dalamnya ada detail id barang, nama barang, harga barang, deskripsi barang, dan lain sebagainya sesuai kebutuhan.

Mengolah data dari manual menjadi database tentu memakan waktu lama. Jika ingin lebih praktis maka bisa menggunakan layanan dari Domainesia yang merupakan hosting handal dan murah untuk tempat database website yang sangat bisa diandalkan.

Editorial Team LABS is a place where you can write and share story about anything and receive thoughtful, thorough feedback from Labs teams !!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *