Editorial Team LABS is a place where you can write and share story about anything and receive thoughtful, thorough feedback from Labs teams !!

10 Negara Dengan Bahasa Terbanyak, ASLII Banyak Banget..

1 min read

Negara Dengan Bahasa Terbanyak

Manusia dilahirkan dengan menyuarakan tangisan. Tangisan melengking yang dikeluarkan oleh bayi lama-kelamaan berubah menjadi ucapan kata patah-patah. Semakin bertambahnya usia, semakin mahir berbicara dan berkomunikasi. Menariknya, beda negara beda pula bahasa yang digunakan. Lantas, mana saja negara dengan bahasa terbanyak?

10 Negara Dengan Bahasa Terbanyak

Di dunia ini, ada banyak sekali bahasa yang dipelajari dan dikembangkan. Perbedaan bahasa memberikan warna baru bagi kehidupan manusia terutama dalam berkomunikasi.

1. Indonesia

Percaya atau tidak negara kita masuk dalam sepuluh besar negara dengan penggunaan bahasa terbanyak. Total bahasa yang diakui dan digunakan oleh masyarakat Indonesia kurang lebih sebanyak 710 bahasa. Kondisi ini bisa jadi karena keberagaman ras yang menyebar di seluruh negeri.

2. Australia

Bahasa utama di Australia memang bahasa Inggris dengan aksen yang unik dan berbeda dari aksen Amerika atau Inggris. Tapi siapa yang tahu jika beberapa warga negara Australia juga menguasai bahasa lainnya. Karena di negara ini tercatat ada 319 bahasa.

3. China

Sebagai negara terpadat dan negara yang tidak pernah merasakan penjajahan, tidak mengherankan jika nama China ada di dalam daftar negara dengan bahasa terbanyak jumlahnya mencapai 305 bahasa. Meskipun demikian, China menggunakan bahasa persatuan yakni bahasa Mandarin. Ketika Anda berencana untuk traveling ke China, setidaknya kuasailah sedikit bahasa Mandarin.

4. Brazil

Dari  semua daftar negara, pada dasarnya Brazil menempati posisi terakhir dengan total 228 bahasa. Dari keseluruhan bahasa yang diakui di sana, pemerintah Brazil sepakat memilih Portugis sebagai bahasa persatuan. Jadi jangan heran jika Anda berlibur ke sana, Anda akan mendengar penduduk yang berbicara dengan bahasa Portugis alih-alih bahasa Inggris.

5. Amerika Serikat

Amerika Serikat punya banyak populasi dan dijuluki sebagai satu dari lima negara terpadat di dunia. Meskipun menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa nasional, nyatanya banyak warga Amerika Serikat yang menggunakan bahasa Spanyol dan Prancis sebagai bahasa daerah. Total bahasanya sebanyak 335 bahasa.

6. Papua Nugini

Merupakan negara dengan bahasa terbanyak total bahasanya mencapai 840. Dari ratusan bahasa tersebut, pemerintah Papua Nugini pada akhirnya memilih bahasa Tok Pisin, bahasa Hiri Motu dan bahasa Inggris sebagai bahasa utama mereka.

7. India

Pernah menyaksikan film Bollywood? Jika Anda menontonnya tanpa dubbing Indonesia, Anda akan menemukan fakta menarik tentang kombinasi bahasa Inggris dan hindi yang digunakan oleh para aktornya saat mengucapkan dialog.

Selain kedua bahasa tersebut, sebenarnya masih ada 451 bahasa lain yang digunakan di India. Namun dalam kehidupan sehari-hari, masyarakat India lebih sering menggunakan bahasa Hindi dan Inggris.

8. Meksiko

Meksiko termasuk negara yang memiliki ratusan bahasa, lebih tepatnya 292 bahasa. Demi kemudahan komunikasi bersama, pemerintah memilih bahasa Spanyol sebagai bahasa negara. Sementara 291 bahasa lainnya hanya digunakan di saat-saat tertentu saja.

9. Nigeria

Dari ke-10 daftar, Nigeria masih peringat ketiga dengan total bahasa 524. Jumlah bahasa yang banyak tidak membuat warga negaranya merasa bingung karena pemerintah Nigeria sudah mengukuhkan bahasa Inggris sebagai bahasa nasionalisme.

10. Kamerun

Lebih sedikit dari Meksiko, Kamerun memiliki 275 bahasa dengan bahasa persatuan bahasa Prancis atau Inggris. Anda yang berencana melakukan liburan ke Kamerun tidak perlu merasa khawatir, cukup fasih berbahasa Inggris sudah mampu membuat liburan Anda terasa menyenangkan di sana.

Orang biasa mungkin hanya menguasai 1-2 bahasa. Tapi bagi mereka yang memiliki kecerdasan linguistic, menguasai lebih dari 5 bahasa bukan hal yang sulit. Menariknya, jumlah bahasa di dunia ternyata sangat banyak. Indonesia bahkan masuk peringat ke-2  setelah Papua Nugini.

Baca Juga: Negara dengan Wanita Paling Cantik didunia

Meskipun dikenal sebagai negara dengan bahasa terbanyak, tiap-tiap negara tidak serta merta menggunakan semua bahasa tersebut untuk komunikasi sehari-hari. Pemerintah hanya memilih 1-2 bahasa sebagai bahasa persatuan.

Editorial Team LABS is a place where you can write and share story about anything and receive thoughtful, thorough feedback from Labs teams !!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *