Editorial Team LABS is a place where you can write and share story about anything and receive thoughtful, thorough feedback from Labs teams !!

10 Negara Ramah Perempuan demi Hidup yang Lebih Baik [Karir & Cultur]

2 min read

negara ramah wanita
wanita hidup bahagia

Dahulu sebelum kartini berhasil memberikan sinar bagi wanita Indonesia, mayoritas wanita di Indonesia berakhir menjadi ibu rumah tangga. Namun kini, semua wanita memiliki hak dan kesempatan yang sama untuk bekerja dan mengejar impiannya. Sayangnya, fakta kelam ini bukan hanya terjadi di Indonesia, beberapa negara turut melakukan hal yang sama.

Jika ada negara yang menetang, pasti ada pula negara yang sangat mendukung. Beberapa negara seperti Republik Ceko dan Bahrain merupakan contoh negara ramah perempuan untuk memiliki pekerjaan dan kehidupan yang layak. Wanita memiliki kesempatan dan peluang mengembangkan diri dengan baik di sana, karena lapangan pekerjaan yang diberikan sangat luas.

10 Negara Ramah Perempuan demi Hidup yang Lebih Baik

Meskipun dari segi kekuatan masih kalah dari pria, buktinya banyak wanita yang berhasil mengembangkan dirinya dengan baik. Contoh paling dekat bisa kita lihat dari tokoh wanita Indonesia, Kartini dan Hillary Clinton. Berikut ini beberapa negara ramah perempuan yang mendorong kaum wanita untuk maju dan memiliki pekerjaan layak:

1. Bahrain

Merupakan salah satu negara arab kecil yang mendorong wanita untuk memperoleh kehidupan yang sama layaknya dengan wanita. Di negara ini, wanita dan pria diperlakukan dengan hak dan kewajiban yang sama termasuk dalam urusan bekerja.

Baca Juga: Negara dengan Pasangan Paling Setia pada Pasangan

Saking care-nya dengan kesejahteraan kaum wanita, Bahrain menempati peringkat pertama. Sayangnya tahun lalu, Bahrain dikalahkan oleh negara lain sehingga lengser ke urutan kedua.

2. Republik Ceko

Mewujudkan cita-cita dan impian bisa dilakukan di mana saja, jika kamu merasa Indonesia bukan tempat yang tepat mungkin kamu bisa pergi ke Republik Ceko. Pada tahun 2015 lalu, Ceko berhasil menempati posisi ke-26 sebagai negara terbaik untuk meningkatkan kesejahteraan wanita secara finansial.

Hebatnya tahun ini, Republik Ceko berhasil masuk ke peringkat pertama, mengalahkan negara-negara lainnya. Negara ini tidak hanya menyediakan lapangan pekerjaan untuk wanita, tapi turut memperhatikan kesejahteraan dan kenyamanan wanita saat bekerja.

3. Taiwan

Berbeda dengan Indonesia yang data penganggurannya semakin tinggi dari tahun ke tahun, angka pengangguran di Taiwan mungkin cukup rendah. Karena berdasarkan laporan dari ekspatriat yang menetap lama di negara tersebut, mencari pekerjaan di Taiwan cukup mudah.

4. Denmark

Kamu yang sedang belajar di jenjang sarjana atau magister di Eropa, mungkin bisa memutuskan untuk bekerja di Denmark. Alasannya karena kehidupan profesional yang diselenggarakan di negara tersebut sangat teratur.

Mayoritas masyarakat Denmark bekerja sesuai impian mereka karena yang mereka cari adalah kepuasan bukannya peringkat. Meskipun biaya hidup di Denmark sangat tinggi, namun gaya hidup yang diterapkan oleh warga local adalah hidup sederhana. Bahkan mayoritas warga Denmark tidak memiliki mobil karena pajaknya yang mahal, mereka lebih memilih naik angkutan umum atau jalan kaki.

5. Norwegia

Menjaga kesehatan sambil bekerja mungkin cukup sulit, apalagi jika setiap hari harus lembur. Tapi menurut kesaksian ekspat wanita asal Inggris, bekerja di Norwegia memungkinkannya untuk mendapatkan kedua hal tersebut.

Dia bisa tetap bekerja dan menggapai impiannya tanpa mengabaikan kesehatan. Negara ramah wanita satu ini mengakomodasi semua orang untuk bisa bekerja dan mendapatkan keseimbangan hidup.

6. Belanda

Seharusnya kita meniru dengan baik sistem kinerja yang diterapkan oleh orang Belanda. Kabarnya karyawan wanita yang bekerja di Belanda diperlakukan dengan sangat baik, bahkan mereka diberikan fee yang sangat besar setiap bulannya. Asyik bener ya??

7. Luksemburg

Penilaian tentang negara dengan tingkat kesejahateraan tinggi bukan hanya diberikan oleh kaum hawa saja, bahkan pekerja pria di Luksemburg merasa bahagia ketika bekerja di negara ini.

Baik gaji dan keamanan pekerjaan semuanya diperhatikan dengan baik, karyawan tidak perlu khawatir dengan momok menakutkan seperti kecelakaan kerja. Keamanan di tempat kerja sangat diperhatikan baik oleh pemerintah maupun pengusaha swasta.

8. Malta

Hayo, siapa yang baru tahu kalau di luar sana ada negara Malta dan bahkan menjadi negara paling ramah terhadap wanita. Lebih dari 50% wanita yang bekerja di Malta mengaku jika mereka bahagia bekerja di negara tersebut. Karier yang disediakan oleh pemerintah dan pengusaha swasta di Malta cukup luas sehingga memungkinkan karyawan untuk mengembangkan kariernya dengan mudah dan cepat.

9. Selandia Baru

Kamu yang memiliki jiwa usaha, mungkin bisa mengembangkan usahamu hingga ke Selandia Baru. Karena negara ini menerima pengembangan usaha dengan sangat baik. Semua wanita memiliki hak dan kesempatan yang sama untuk mengembangkan usaha dan bisnis mereka atau memilih untuk bekerja di pemerintahan dan perusahan swasta.

Baca Juga: Negara dengan Prempuan Paling Cantik didunia

10. Australia

Negara terakhir yang menjadi destinasi atau tempat kerja terbaik bagi wanita adalah Australia. Nampaknya, negara ini bukan hanya tujuan wisata dan study yang menjanjikan ya!. Mulai dari cuaca dan kesempatan kerja, semua bisa diperoleh di Australia.

Pemerintah dan perusahaan swasta membuka lowongan kerja dan menerima wanita yang mendaftar tanpa menyepelekan kemampuan mereka. Wanita memiliki kesempatan yang sangat besar untuk memulai karier, mempertahankan dan memperluas kariernya di Australia.

Itulah daftar negara dengan kualitas dan fasilitas yang baik untuk mendorong para wanita muda mengembangkan potensi dan mimpi mereka sebagai wanita karier. Indonesia mungkin bisa mencontoh negara-negara tersebut di masa depan, agar menjadi negara ramah wanita seperti yang sudah dicontohkan RA Kartini.

Editorial Team LABS is a place where you can write and share story about anything and receive thoughtful, thorough feedback from Labs teams !!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *