Editorial Team LABS is a place where you can write and share story about anything and receive thoughtful, thorough feedback from Labs teams !!

6 Negara yang Pernah Menjajah Indonesia Beserta Pemimpinnya

2 min read

negara yang pernah menjajah Indonesia

Nama Belanda dan Jepang seringkali dikait-kaitkan ketika kita membahas tentang negara yang pernah menjajah Indonesia. Padahal selain dua negara tersebut, masih ada beberapa negara lain yang berhasil menduduki wilayah di Indonesia. Dan mendapatkan keuntungan entah dari hasil kekayaan alam maupun mempekerjakan pribumi sebagai budak mereka.

Negara yang Pernah Menjajah Indonesia Beserta Pemimpinnya

Sebelum berhasil mengangkat derajatnya di mata dunia, Indonesia telah melalui banyak kesedihan dan kesengsaraan karena rezim penjajahan yang sangat kejam. Lalu, negara mana saja yang menjajah Indonesia? simak selengkapnya berikut:

1. Portugis- Alfonso de Albuquerque

Alfonso de Albuquerque

Merupakan negara pertama yang berhasil menjejakkan kaki di bumi pertiwi. Portugis tercatat datang ke Indonesia pada tahun 1509 dan menetap hingga tahun 1595. Salah satu tokoh paling penting Portugis yang namanya cukup populer di Indonesia adalah Alfonso de Albuqueque. Ironisnya, berkat kehadiran Portugis nama Indonesia mulai populer di Eropa.

Baca Juga: Inilah Negara yang Tidak Pernah dijajah

Wilayah pertama yang dikunjungi oleh Portugis adalah Maluku. Pada awalnya, raja dan masyarakat menyambut kedatangan mereka dengan baik hingga Portugis bertindak curang dengan melakukan praktik monopoli. Di mulai dari Maluku dan menyebar hingga ke Pulau Jawa. Penjajahan Portugis pada akhirnya harus terhenti karena kalah perang dengan Belanda pada tahun 1602.

2. Jepang- Isoroku Yamamoto

Isoroku Yamamoto

Negara yang pernah menjajah Indonesia tidak hanya berasal dari Eropa tapi juga dari Asia yakni Jepang. Kedatangan Jepang pertama kali di tanah air terjadi pada 8 Maret 1942. Sama seperti Portugis, kesan pertama yang diberikan Jepang sangat baik sehingga masyarakat merasa terlena.

Sayangnya, sikap baik Jepang tidak betahan lama. Jepang mulai menunjukkan sikap kejam dengan melakukan kerja paksa. Selain memperbudak masyarakat Indonesia, Jepang turut mengambil alih kemiliteran Indonesia dengan membentuk organisasi baru.

Tokoh paling penting dari Jepang adalah Isoroku Yamamoto. Di Jepang, dia bertindak sebagai ahli stretegi perang. Karena otak cemerlangnya Isoroku Yamamoto bahkan berhasil mengacaukan perang dunia ke-2.

Penjajahan Jepang di tanah air bisa dibilang sebagai negara penjajah terakhir. Karena pasca mendapatkan pengakuan kemerdekaan dari Jepang, Indonesia secara resmi telah menjadi negara yang merdeka.

3. Belanda-Cornelis de Houtman

Cornelis de Houtman

Pada dasarnya, Belanda merupakan negara yang pernah menjajah Indonesia setelah Portugis. Kekuasaan Belanda di Indonesia diperoleh melalui peperangan sengit melawan Portugis.

Penjajahan Belanda di mulai sangat lama mulai tahun 1602. Di masa penjajahan yang kelam tersebut, masyarakat Indonesia sangat sengsara apalagi saat melakukan kerja rodi. Salah satu tujuan utama Belanda menjajah Indonesia adalah mencari kekayaan alam. Sejak dahulu Indonesia memang dikenal sebagai negara yang kaya akan sumber daya alamnya termasuk penghasil rempah-rempah.

Tokoh pemimpin Belanda yang sangat populer antara lain Cornelis de houtman. Kepemimpinannya mendatangkan mimpi buruk bagi masyarakat Indonesia. Rezim kekejaman Belanda mulai berkurang setelah mereka dikuasai Prancis.

4. Prancis- Marsekal Willem Deandels

Marsekal Willem Deandels

Bendera Prancis berkibar di Indonesia setelah Belanda menyerahkan tanah jajahannya pada Raja Louis Napoleon. Sang raja kemudian mengirimkan satu perwakilannya ke Indonesia yang kita kenal sebagai Willem Deandels.

Deandels menginjakkan kaki untuk pertama kalinya di Batavia pada tahun 1808. Jabatannya sebagai gubernur membuat Deandels sangat sewenang-wenang. Banyak masyarakat yang menderita karena sifat diktatornya.

Usai kepemimpinan Deandels, Prancis memilih Jan Willem Janssens sebagai penggantinya. Kepemimpinan Janssens tidak berlangsung lama karena Prancis kalah perang dari Inggris. Pada akhirnya Pulau Jawa diserahkan Prancis ke tangah Inggris.

5. Inggris- Stamford Raffless

Stamford Raffless

Dalam sejarah penjajahan Indonesia, ada banyak nama tokoh pemimpin penting dari kubu musuh salah satunya Stamford Raffless. Kekalahan Prancis atas Inggris membawa Raffless ke Indonesia tepatnya Pulau Jawa. Kepemimpinan Raffless memberikan banyak perubahan pada Pulau Jawa dan Indonesia. Di mana sistem tanam paksa dihapuskan.

Negara yang pernah menjajah Indonesia ini mengukuhkan kekuatannya selama 5 tahun lamanya. Konflik kepentingan antara Belanda-Inggris ditengarai sebagai penyebab utamanya. Maka, Indonesia secara resmi berada di bawah penjajahan Belanda kembali. Penjajahan yang dilakukan Belanda juga berlangsung lama berakhir pada tahun 1942.

6. Spanyol- Juan Sebastian Elcano

Juan Sebastian Elcano

Mereka yang belajar pelajaran sejarah dengan tekun tentunya mengenal Spanyol sebagai negara yang pernah menjajah Indonesia. Spanyol datang ke Indonesia pada tahun 1521 demi menemukan rempah-rempah dengan dipimpin oleh Juan Sebastian Elcano.

Penjajahan Spanyol di tanah air tidak terasa sepenuhnya karena pada dasarnya Indonesia masih dikuasai oleh Portugis. Perang pun terjadi dengan sengitnya. Pada masa itu, Spanyol dibantu oleh Kerajaan Tidore sementara Portugis bersekutu dengan Kerajaan Ternate.

Konflik berkepanjangan yang terjadi antara Spanyol-Portugis memberikan dampak yang sangat besar bagi ketiga negara. Di tahun 2019, Spanyol mengaku kalah dan memutuskan untuk meninggalkan Indonesia lalu berlayar ke Filipina. Dengan demikian, Maluku masih dikuasai oleh Portugis.

Belajar tentang sejarah terkadang terasa membosankan karena berbeda dengan cerita fiksi bergambar, pelajaran sejarah memiliki banyak teori dan narasi. Meski tidak terlalu suka sejarah, sebagai warga negara setidaknya Anda harus tahu nama-nama negara yang pernah menjajah Indonesia. Mulai dari yang paling singkat hingga paling lama beserta siapa saja pemimpinnya.

Editorial Team LABS is a place where you can write and share story about anything and receive thoughtful, thorough feedback from Labs teams !!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *