Editorial Team LABS is a place where you can write and share story about anything and receive thoughtful, thorough feedback from Labs teams !!

Inilah 12 Negara yang Tidak Pernah Dijajah, Wajib Tahu !!

3 min read

negara yang tidak pernah dijajah

Sejarah Indonesia mencatat negara kita pernah dijajah oleh Belanda dan Jepang. Penjajahan memberikan dampak yang sangat fatal baik dari segi perekonomian, sosial bahkan budaya. Jauh lebih beruntung dari Indonesia, ada sejumlah negara yang tidak pernah dijajah. Terlepas dari apa alasannya, negara-negara tersebut bisa menghirup udara bebas karena tidak mendapatkan penjajahan dari tirani yang kejam.

Namun tahukah kamu bahwa ada beberapa negara yang selama ini tidak pernah dijajah oleh negara manapun.

12 Negara yang Tidak Pernah Dijajah

Bukan satu atau dua, jumlah negara yang bebas tanpa penjajahan ternyata cukup banyak. Mau tahu negara apa saja? Simak informasinya berikut.

1. China

china tidak pernah dijajah

Pelajaran sejarah China kemungkinan besar diwarnai dengan aktivitas kekaisaran. Berbanding terbalik dengan Makau dan Hongkong yang pernah dijajah oleh negara lain, China jauh dari sentuhan tirani.

Alih-alih dijajah, China justru melakukan hubungan kerjasama yang baik dengan berbagai negara seperti Amerika, Inggris, Rusia, Jerman dan Prancis. Banyak yang berspekulasi jika peraturan dan prinsip China yang sangat tegas menjadi kendala utama bagi negara lain untuk menjajah negeri tirai bambu tersebut.

2. Yunani

Pernah dengar tentang cerita Poseidon, Ares, Athena atau Zeus? Keempatnya merupakan tokoh mitologi Yunani yang sangat populer bahkan kerapkali dijadikan sebagai inspirasi novel atau film layar lebar.

Tidak hanya terkenal akan dewa-dewi, Yunani juga dikenal sebagai negara yang tidak pernah dijajah. Dalam sejarah tergelapnya, Yunani mungkin pernah masuk dalam kawasan Kekuasaan Turki Usmani. Tapi Yunani tidak benar-benar merasakan pahit dan hancurnya penjajahan.

3. Bhutan

Punya impian mendaki ke Gunung Himalaya? Tidak jauh dari gunung tersebut ada sebuah negara yang disebut Bhutan. Berbeda dengan Indonesia yang bisa dimasuki dengan mudah dari Pulau Jawa atau Pulau Sumatera melalui jalur perairannya. Untuk sampai ke Bhutan, seseorang harus melakukan perjalanan yang sulit.

Negara ini cukup terisolir jauh dari pusat keramaian. Alasan ini pula yang menjadikan negara lain enggan menyerang dan menjajah Bhutan. Contohnya, Inggris yang melakukan serangan selama dua tahun berturut-turut sejak 1772 tapi tidak berhasil. Inggris hanya mendapatkan 5 ekor kuda sebagai hasil perundingan dengan pihak Bhutan.

4. Islandia

iceland

Negara yang tidak pernah dijajah lainnya adalah Islandia. Sebelum menjadi seperti sekarang, Islandia awalnya hanya negeri tak berpenghuni. Negara tersebut mulai menunjukkan kehidupan setelah kedatangan pendeta pada abad ke-9 M.

Dan disusul kemudian dengan kedatangan bangsa Viking. Setelah memiliki cukup banyak warga negara pada 930-an Masehi, Islandia mulai membentuk konstitusi mereka sendiri. Konstitusi tersebut berjalan dengan baik dan diberi nama althing.

5. Jepang

Kualitas dan kekuasaan Jepang ternyata sudah berkembang sejak sangat lama. Selain dikenal berkuasa dan memiliki banyak wanita cantik, Jepang juga terkenal sangat berani. Mereka tidak ragu untuk menyerang balik kekuatan Barat yang mencoba menjatuhkannya.

Kekuasaan dan kekuatan Jepang dibuktikan pada perang dunia ke-2. Meskipun pada akhir perang Hiroshima dan Nagasaki di bom atom oleh Amerika Serikat. Jepang mungkin mengalami banyak penderitaan dan kerugian, tapi mereka tidak pernah terjajah.

6. Liberia

Urutan keenam adalah Liberia. Negara ini terbentuk dan mengkukuhkan diri pada 1847 disaat kekuatan barat mendirikan peta kekuasaannya. Banyak yang berpendapat jika Liberia pernah dijajah oleh Amerika Serikat karena dalam satu periode negara tersebut membangun benteng pemerintahannya di Liberia.

Akan tetapi spekulasi itu tidak bisa menghalau fakta jika Liberia mampu membentuk negara mereka sendiri dan tidak benar-benar merasakan getirnya kekejaman penjajah.

7. Denmark

Beberapa orang mungkin tidak akan percaya jika Denmark masuk dalam kelompok negara bebas penjajah. Karena dari letak geografisnya, negara ini berdekatan dengan Britania Raya (Inggris). Dahulu Inggris termasuk negara yang paling getol meluncurkan serangan ke berbagai wilayah.

Denmark termasuk negara yang paling aktif dalam isu-isu dunia. Sebut saja Nato dan OECD yang berhasil diprakarsai dan dibentuk oleh Denmark.

8. Ethiopia

Sama seperti Liberia, Ethiopia juga berada di benua Afrika dan termasuk negara yang bebas dari rezim penjajahan. Padahal tahun 1880 menjadi mimpi buruk bagi berbagai negara di Afrika mengingat banyak bangsa Eropa yang menancapkan taring kekuatannya.

Banyak yang berpendapat kontra dan meyakini jika Ethiopia pernah dijajah Italia. Namun hingga saat ini belum ditemukan bukti-bukti konkret yang bisa membuktikan jika penjajahan Italia pernah berlangsung sejak 1936-1941 di Ethiopia. 

9. Iran

Sebelum dikenal sebagai Iran orang menyebutnya dengan Persia. Dalam sejarah negaranya, tanah Iran diyakini tidak pernah terenggut oleh negara lain. Iran mungkin mengalami keterpurukan saat perang melawan Inggris atau Rusia. Bahkan kehilangan beberapa wilayahnya. Tapi tidak ada yang bisa mengatakan dengan pasti jika Iran pernah dijajah.

10. Thailand

Hampir semua negara yang tidak pernah dijajah di atas berasal dari luar Asia Tenggara terkecuali Thailand. Negara ini diyakini sebagai the one and only, perwakilan negara di Asia Tenggara yang bebas dari jajahan kejam.

Thailand mungkin mendapatkan perlakuan tidak menyenangkan dari beberapa bangsa Eropa tapi mereka berhasil mempertahankan dan mengkukuhkan diri sebagai negara merdeka.

11. Norwegia

Merupakan salah satu negara kerajaan yang berhasil bertahan dari penjajahan negara lain. Keunikannya adalah Norwegia ternyata berbatasan dengan Rusia salah satu negara yang cukup kuat terutama di masa perang dunia.

Meski demikian, Norwegia berhasil membentengi negaranya dari negara lain hingga didapuk sebagai salah satu negara bebas hingga saat ini.

12. Arab Saudi

Arab Saudi

Negara dengan mayoritas muslim ini berhasil melindungi dirinya dari penjajahan. Padahal Arab Saudi termasuk negara dengan kekayaan minyak bumi yang melimpah. Beberapa orang berpendapat jika alasan utama Arab Saudi bebas dari penjajah karena kondisi tanahnya yang tandus.

Daftar negara yang tidak pernah dijajah di atas mungkin akan membuat Anda bertanya-tanya dan merasa takjub. Apalagi jika bicara tentang Thailand. Apa pun alasannya, ke-12 negara di atas hingga saat ini diyakini tidak pernah dijajah negara lainnya.

Editorial Team LABS is a place where you can write and share story about anything and receive thoughtful, thorough feedback from Labs teams !!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *