Editorial Team LABS is a place where you can write and share story about anything and receive thoughtful, thorough feedback from Labs teams !!

Negara dengan Pendidikan Terbaik di Dunia

2 min read

Negara dengan Pendidikan Terbaik dunia

Setiap insan akan mengalami fase pertumbuhan mulai dari anak-anak hingga beranjak dewasa dan sampai menua. Dari fase tersebut, manusia akan mempelajari banyak hal yang berguna bagi kelangsungan hidupnya termasuk pendidikan. Sayangnya tak semua orang yang memiliki kesempatan untuk mengenyam pendidikan sesuai ketetapan pemerintah. Namun tak sedikit pula yang belajar mati-matian berusaha dengan cara apapun demi mendapatkan pendidikan terbaik.

Pendidikan merupakan hal terpenting dalam mencapai sebuah kesuksesan, baik terkait soal karir maupun dalam perjalanan hidup manusia itu sendiri.  Setiap negara pun memiliki penerapan berbeda terhadap pendidikan sesuai kebijakan masing-masing. Beberapa diantaranya pun telah memiliki pendidikan terbaik yang diakui dunia berdasarkan ukuran dan penelitian tertentu.

Negara Mana Saja yang Memiliki Pendidikan Terbaik?

Berbicara tentang pendidikan, tentunya tak lepas dari tingkatan kualitas dan kuantitas masing-masing negara. Hal tersebut berpengaruh pula pada hasil didikan para pengajar yang akan tampak saat mereka telah bekerja nanti.

Setiap beberapa tahun sekali, sistem pendidikan di setiap negara mengalami perubahan dan kemajuannya untuk meningkatkan kecerdasan siswa. Lalu, negara mana sajakah yang memiliki tingkat pendidikan terbaik di dunia?

1. Finlandia

finlandia
Pict by Trimbun Travel

Finlandia merupakan salah satu negara yang memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia. Peringkat ini tentunya dicapai karena Finlandia sangat memfokuskan kesejahteraan tingkat pendidikan bagi warga negaranya.

Fokus kepedulian pemerintahan Finlandia terhadap pendidikan, dapat dilihat dari sistem belajar dan kegiatan yang dilakukan. Dari jam belajar, anak-anak sekolah hanya dituntut untuk belajar sekitar 4 hingga 5 jam per harinya. Jika dibandingkan dengan negara lainnya seperti Indonesia, jam belajar tersebut tergolong singkat, bukan?

Baca Juga: Daftar Negara dengan Pasangan Paling Setia

Disamping jam belajar yang tergolong singkat, Finlandia meniadakan sistem ranking dan ujian akhir yang mengkibatkan anak-anak tidak terlalu stres memikirkan persaingan antar mereka. Selain itu, kualitas guru juga sangat diperhatikan demi menghasilkan didikan terbaik.

2. Korea Selatan

Negara yang kini namanya melejit naik karena kemunculan drama tv serta boyband dan girlband dan terkenal memiliki banyak wanita cantik ini memang memiliki pendidikan yang unggul, Korea Selatan telah memiliki daya tarik sendiri. Bahkan tak sedikit yang mengunjunginya karena pengaruh drama dan grup penyanyi tersebut.

Dibalik kesuksesan dari sudut dunia hiburan tersebut, Korea Selatan juga diakui memiliki tingkat pendidikan terbaik di dunia. Berbanding terbalik dengan Finlandia, Korea Selatan memberikan jam belajar di sekolah yang lebih lama yakni 9 hingga 14 jam.

Durasi waktu belajar ini tak jauh berbeda dari jam kerja orang kantoran. Akibatnya, anak-anak sekolah hampir tak memiliki waktu bermain sehingga mereka lebih fokus dalam menuntut ilmu.

3. Jepang

Jepang
Pict by Pixabay

Seperti yang kita ketahui, Jepang selain masuk dalam negara yang tidak pernah dijajah juga terkenal sebagai negara yang telah menciptakan berbagai inovasi dalam berbagai sektor, mulai dari industri pertanian, kendaraan, hingga teknologi. Hal tersebut tentu saja didukung karena adamya tenaga kerja dan ilmuwan yang memiliki pendidikan dan ilmu yang mumpuni.

Ya, pendidikan di Jepang juga masuk dalam golongan terbaik. Maka tak heran mengapa Jepang dapat menciptakan ragam inovasi yang berguna bagi manusia. Pendidikan yang diberikan pun tak hanya fokus pada pembelajaran sekolah saja namun juga pembentukan karakter pribadi.

4. Singapura

Masih dalam kawasan Asia, peringkat pendidikan terbaik di dunia juga dipegang oleh Singapura. Negara yang hanya dihuni sekitar 6 juta penduduk ini mampu menciptakan generasi cerdas dan sukses. Hal ini dibuktikan dari sistem yang diterapkannya.

Sekolah bahkan universitas di Singapura telah menerapkan standar kurikulum Oxford ataupun Cambridge dalam penerapan pembelajaran generasinya. Selain itu, universitas asing pun didirikan. Maka pantas saja jika Singapura juga menjadi tempat tujuan anak-anak negara lain dalam menuntut ilmu ke sana.

Baca Juga: Negara dengan Bahasa Terbanyak didunia

Berikut beberapa negara dengan pendidikan terbaik di dunia. Pendidikan dengan sistem yang baik, seperti negara-negara di atas, ternyata mampu mendukung manusia menjadi semakin maju dan cerdas. Kesuksesan pun dapat diraih dengan mudah. Dengan sistem yang mumpuni, kepribadian anak pun ikut terbentuk dengan sebaik-baiknya dan berpengaruh pada masa depannya kelak.

Editorial Team LABS is a place where you can write and share story about anything and receive thoughtful, thorough feedback from Labs teams !!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *