Editorial Team LABS is a place where you can write and share story about anything and receive thoughtful, thorough feedback from Labs teams !!

Pengertian, Tujuan, Ciri-ciri dan Contoh Teks Eksplanasi

1 min read

teks eksplanasi

Berbicara tentang teks eksplanasi tentu saja sudah tidak asing lagi, karena materi ini merupakan mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas XI. Meski begitu, mungkin sebagian dari kita juga belum begitu memahami apa itu ekplanasi, apa tujuan, struktur, ciri-ciri, langkah dan contohnya.

Nah, agar lebih jelas, simak ulasan lengkapnya di bawah ini! Dapatkan juga informasi seputar ilmu pengetahuan lainnya di rumusrumus.com.

Pengertian Teks Eksplanasi

Ada banyak sekali pengertian dari para ahli mengenai  teks eksplanasi. Namun secara etimologi, eksplanasi berasal dari Bahasa Inggris (explanation) yang berarti menjelaskan atau menerangkan. Secara terminologi explanation text yaitu sebuah teks yang disusun berdasarkan struktur tertentu dan berisi tentang proses yang berhubungan dengan fenomena alam, budaya, sosial, ilmu pengetahuan dan lain sebagainya.

Atau singkatnya, explanation text merupakan suatu teks yang menerangkan atau menjelaskan suatu fenomena yang terjadi di sekitar kita.

Tujuan Teks Eksplanasi

Secara lebih rinci, explanation text bertujuan untuk :

  1. Mengetahui sebab terjadinya suatu fenomena atau kejadian
  2. Menjelaskan fenomena yang terjadi di sekitar kita
  3. Menjelaskan sebab-akibat suatu peristiwa
  4. Menguatkan suatu kebenaran yang ada

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

Ada beberapa ciri atau karakteristik yang membedakan teks eksplanasidengan teks lainnya, yaitu :

  1. Bersifat Ilmiah; fenomena yang dijelaskan dalam teks ini berdasarkan konteks ilmiah, bisa berupa penelitian, teori, realita dan sebagainya. Sementara penjelasannya bisa berupa klasifikasi, definisi, atau sejarah.
  2. Logis; penjelasan bersifat teoritis dan logis.
  3. Objektif; argumen dalam teks ini bersifat objektif serta didukung dengan teori yang relevan.
  4. Bukan teks eksposisi ataupun prosedur

 

Struktur Teks Eksplanasi

  1. Pernyataan Umum

Menjelaskan tentang latar belakang dan tinjauan umum topik, bisa berupa klasifikasi, sejarah, dan asal usul.  Atau singkatnya, suatu gambaran secara umum tentang apa, mengapa, dan bagaimana proses peristiwa alam terjadi.

  • Deretan Penjelas

Berisi sebab atau rincian proses terjadinya suatu peristiwa, kejadian atau fenomena yang juga mencakup dampak dan akibat yang ditimbulkan.

  • Interpretasi

Mencakup penafsiran penulis mengenai topik dengan perspektif yang lebih luas dan menyeluruh, disertai penjelasan tentang korelasi peristiwa yang menyertainya.

  • Simpulan

Berisi opini atau tanggapan penulis mengenai bagaiaman cara menyikapi suatu fenomena yang terjadi.

Langkah Menyusun Teks Eksplanasi

Untuk menyusun explanation text, perhatikan beberapa langkah di bawah ini :

  1. Menentukan topik yang menarik
  2. Membuat rancangan kerangka teks
  3. Mengumpulkan referensi
  4. Mengembangkan teks
  5. Menyunting teks

Contoh Teks Eksplanasi

Banjir

Banjir merupakan fenomena alam yang terjadi akibat aliran air berlebih yang merendam daratan. Banjir diakibatkan oleh volume air sungai atau danau yang meluap dan keluar dari sungai atau danau tersebut.

Selain bisa terjadi di pemukiman padat penduduk, banjur juga bisa terjadi di sungai, saat alirannya melebihi kapasitas saluran air. Fenomena ini seringkali mengakibatkan kerusakan dari keruskan kecil, sedang maupun besar. Kerusakan akibat banjir ini sebenarnya dapat dihindari dengan cara tidak bermukim di area dekat sungai, namun kebanyakan orang terutama di kota besar lebih memilih menetap karena lebih mudah dan murah.

Di berbagai negara di seluruh dunia, untuk mencegah terjadinya banjir atau sungai meluap, dibuatlah ungai bendungan, waduk, dan weir. Sementara itu, di Amerika dan Eropa mengatasi banjir pantai dengan cara membuat pertahanan pantai, seperti tembok laut, pengembalian pantai dan pulau penghalang.

Dari penjelasan di atas, dapat di simpulkan bahwa teks eksplanasi dapat dikatakan merupakan suatu teks yang menjawab pertanyaan-pertanyan seputar fenomena, kejadian, atau peristiwa yang ada di sekitar kita. Untuk membuat teks ini, Anda juga harus memperhatikan struktur dan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas!

Editorial Team LABS is a place where you can write and share story about anything and receive thoughtful, thorough feedback from Labs teams !!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *