Panduan Posting Artikel

Sudah memiliki akun di labs jawarakonten dan ingin segera menerbitkan artikel baru? lalu gimana sih caranya? gak perlu kuatir, kami akan menjelaskan cara posting artikel dari awal hingga akhir. Bahkan kami juga melengkapinya dengan gambar agar anda lebih mudah dalam posting artikel baru.

Sedikit informasi, labs jawarakonten saat ini dikembangkan dengan platform wordpress, dimana CMS ini kami pilih karena memang mudah untuk digunakan, bahkan untuk pemula sekalipun. dan berikut panduannya:

1. Klik Log In

Jika anda sudah mendapatkan email konfirmasi persetujuan, anda bisa masuk dan mulai menulis artikel kedua dengan username dan password anda. Caranya silahkan menuju halaman login yang ada di menu bagian atas atau klik disini. Jika sudah masukan username dan password anda, lalu klik login.

2. Klik All Post

Halaman tersebut berisi seluruh artikel anda, baik yang masih dalam proses review oleh editor atau yang sudah disetujui. Klik menu all post, dan selanjutnya akan dibawa pada halaman seperti dibawah ini.

3. Add New

Untuk menerbitkan artikel baru, anda bisa klik menu add new yang akan membawa anda pada halaman kosong yang dapat anda isi dengan artikel atau tulisan. Tampilannya seperti dibawah ini.

4. Masukan Judul

Masukan judul tulisan anda pada kolom add title, seperti gambar diatas. Tepat dibawah judul yang bertuliskan “Start writing or type / to choose a block” adalah kolom untuk menulis yang berisi badan artikel, lengkap dengan gambar pendukungnya.

5. Masukan Badan Konten

Masukan badan artikel pada kolom dibawah judul seperti yang kami instruksikan diatas. Jika bingung, anda bisa melihat pada gambar diatas.

6. Setting Tag Heading

Tag Heading pada badan konten adalah tanda untuk sub Judul, yang bisa anda pilih mulai dari H1, H2, H3, H4. Untuk lebih mudah dalam memahami, ini seperti judul, bab, dan sub bab yang ada pada makalah.

Cara cukup mudah, petama blog kata yang akan disetting tag headingnya, klik tanda q seperti gambar diatas.

Klik Heading, seperti gambar diatas.

Pilih heading yang tepat untuk teks yang di blok tadi, apakah H2, H3, atau H4.

7. Masukan Gambar

Untuk memasukan gambar pada tiap-tiap heading, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah klik add blog seperti gabar diatas.

Pilih menu image.

Ada tiga pilihan untuk memasukan gambar, namun kami hanya merekomendasikan dua saja, yakni upload atau mengambil dari media library, atau mengambil gambar yang sudah tersimpan di server kami. Jika anda ingin menggunakan gambar sendiri, silahkan pilih upload.

Setelah anda memilih salah satu gambar yang ada di komputer anda, selanjutnya gambar akan langsung di upload dan masuk ke badan konten.

8. Memilih Kategori

Jika konten sudah anda masukan atau sudah anda tulis, selanjutnya pilih kategori, atau tempat dimana artikel anda dikelompokan. Caranya silahkan lihat gambar diatas.

9. Memasukan Tag

Jika kategori untuk mengelompokan tema yang lebih luas, tag memerikan opsi untuk mengelompokan konten secara lebih spesifik. Silahkan masukan tag seperti gambar diatas, dan memisakan masing-masing tag dengan koma (,).

10. Mausukan Gambar Utama

Jika sebelumnya anda memasukan gambar untuk masing-masing sub heading, kini anda diminta untuk memasukan gambar utama atau featured image. Gambar ini nantinya akan jadi cover dari artikel anda dan akan ada di posisi paling atas. Ikuti gambar diatas jika anda bingung.

11. Masukan Kata Kunci

Scroll kebawah dan cari kolom “focus keyphrase” untuk memasukan keyword dari tulisan yang anda tulis agar nantinya orang lain mudah dalam mencari artikel anda di mesin pencari. Jika anda bingung, lihat gambar diatas.

12. Masukan Deskripsi

Selanjutnya masukan bagian deskripsi dari artikel anda, berisi penjelasan singkat tentang artikel yang anda tulis. Pertama klik tulisan yang ada dibawah judul seperti gambar diatas. Scroll kebawah.

Masukan deskripsi artikel anda pada form “meta description” seperti gambar diatas.

13. Preview untuk Lihat sebelum Submit

Untuk melihat bagaimana tampilan dari tulisan anda jika sudah terbit, silahkan scroll keatas dan klik preview yang ada pada bagian paling atas. Jika sudah sesuai keinginan, silahkan pilih menu submit, dan tunggu sampai artikel anda direview oleh editor kami.

Cukup mudah bukan? sebelum menulis, pastikan anda membaca “comunity guideline” kami agar artikel anda tayang disini. Meskipun untuk belajar, namun kami tidak bisa menyetujui beberapa hal yang tidak sesuai dengan “comunity guideline”