Editorial Team LABS is a place where you can write and share story about anything and receive thoughtful, thorough feedback from Labs teams !!

6 Jenis dan Ukuran Talang Air Rumah untuk Hujan

1 min read

talang air rumah

Indonesia merupakan negara dengan dua musim yakni musim penghujan dan kemarau. Ketika musim penghujan tiba, tidak sedikit orang yang harus mempersiapkan alat untuk menahan kebocoran yang akan terjadi melalui atap atau percikan air dari genteng pada jendela rumah bahkan pada pintu.

Percikan air tersebut dapat diatasi dengan pemasangan talang air rumah yang mampu menampung air hujan yang turun dan membuangnya ke tanah tanpa adanya percikan air pada jendela atau pintu. Sehingga rumah Anda akan terlindungi dari air hujan tersebut.

Lalu, apakah terdapat ukuran tertentu untuk talang air tersebut? Apa saja jenis-jenis dari talang air yang dapat digunakan? Simak penjelasan berikut ini.

Artikel ini dipersembahkan oleh mitrarenov.com yang memiliki layanan jasa desain rumah murah dan berkualitas.

Ukuran Talang Air Rumah

Terdapat beberapa ukuran talang air yang dapat Anda gunakan pada rumah Anda. Ukuran yang umum untuk menampung dan mengalirkan air hujan adalah talang pipa air dengan diameter 3 inci yang mampu mengalirkan air dengan volume 255 liter per menit.

Namun terdapat beberapa ukuran untuk talang air diantaranya, diameter 4 inci untuk mengalirkan air dengan volume 547 liter per menit, diameter 5 inci untuk mengalirkan air dengan volume 990 liter per menit, 6 inci untuk mengalirkan air dengan volume 1610 liter per menit, dan 8 inci untuk mengalirkan air dengan volume 3470 liter per menit.

Jenis Talang Air Rumah

Terdapat beberapa jenis talang air baik dari segi bahan yang digunakan maupun dari segi model, diantaranya :

1. Talang air PVC

Talang air PVC merupakan jenis talang air yang terbuat dari plastik yang kuat dan tidak menimbulkan korosi. Keunggulan dari talang ini adalah dengan kualitas yang baik namun memiliki harga yang ekonomis dan mudah diaplikasikan secara mandiri pada rumah Anda. Hal ini dikarenakan talang air jenis ini memiliki beban yang ringan.

3. Talang air logam

Talang air jenis ini biasanya terbuat dari bahan seng, aluminium, dan galvalum. Dari segi harga, talang ini juga memiliki price yang terjangkau dan umumnya dijual dalam bentuk lembaran. Sehingga talang ini dapat dirangkai secara mandiri dan disesuaikan dengan model atap rumah Anda.

Akan tetapi, talang air logam memiliki karakteristik yaitu lebih mudah mengalami korosi sehingga Anda perlu memberikan lapisan tipis anti karat pada talang atau dengan pemilihan jenis bahan logam berkualitas tinggi.

4. Talang air beton

Talang jenis ini merupakan talang air pertama yang ada sebelum talang air PVC dan logam. Talang air beton memiliki keunggulan lebih kuat dengan daya tampung air yang lebih besar dan tidak mudah rapuh. Namun proses pengerjaannya membutuhkan waktu yang lama dan harganya relatif lebih tinggi dari jenis talang air lainnya.

5. Tipe k style

Tipe talang air rumah ini memiliki keunggulan pada model yang stylish dan dekoratif serta disukai oleh banyak orang. Talang jenis ini cocok untuk model rumah minimalis dan memiliki daya tampung air dengan kapasitas lebih besar dari tipe talang air lainnya.

6. Tipe victorian ogee

Talang air tipe ini memiliki model yang simpel sehingga cocok untuk jenis rumah klasik dan tradisional. Umumnya, talang ini terbuat dari aluminium yang ringan dan merupakan talang yang dangkal. Sehingga talang air ini cocok digunakan untuk rumah minimalis.

7. Tipe half-round

Talang air tipe half-round merupakan talang dengan bentuk seperti huruf U yang cocok dipasang pada rumah dengan gaya tradisional maupun modern. Jenis talang ini akan lebih mudah dibersihkan dari ranting karena bentuknya yang setengah lingkaran.

Uraian tersebut merupakan rangkuman dari jenis dan ukuran talang air rumah yang dapatAnda gunakan untuk mengatasi permasalahan ketika musim hujan tiba.

Editorial Team LABS is a place where you can write and share story about anything and receive thoughtful, thorough feedback from Labs teams !!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *