Ahmadus Subhan Seorang mahasiswa salah satu PTN di jawa tengah yang ingin memberikan opini tanpa batasan situasi. Seseorang yang terlihat 'abu' diantara hitam dan putih.

Tetap sehat walaupun dompet sekarat, Tips Bertahan ditengah Pandemi Covid 19

1 min read

tips bertahan ditengah covid 19
lockdown
Pict by Pixabay

Dimasa pandemic ini beberapa data menunjukan bahwa kualitas udara diseluruh dunia meningkat drastis. Di Indonesia sendiri, menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau (BMKG) kualitas udara pada maret 2020 jauh lebih baik dari pada maret 2019. Data ini menunjukan seolah dunia mengatakan ia ingin beristirahat.

Hal tersebut dikarenakan banyak nya aktivitas yang berhenti total. Dari aktivitas bisnis, hiburan, pendidikan, hingga olahraga semuanya diberhentikan untuk menghindari lebih tersebarnya wabah ini.

Dengan diberhentikannya banyak aktivitas ini, banyak pelaku aktivitas tersebut yang terdampak dengan adanya hal ini. Apalagi beberapa perusahaan atau pelaku bisnis mengeluarkan kebijakan untuk menurunkan gaji dan tidak diberikannya tunjangan yang berkaitan dengan keseharian pegawai.

Dengan adanya kondisi tersebut, sebagian besar orang juga mengatur ulang kebutuhan sehari hari mereka. Bahkan ada beberapa pekerja harian yang kesulitan dalam hal kebutuhan pangan. Miris bukan? Hal ini akan sangat berpengaruh loh dalam kesehatan sahabat.

Tips Bertahan ditengah Pandemi Covid 19

Tentunya dengan kondisi yang kurang baik untuk sebagian besar orang, ada beberapa hal nih sahabat yang perlu kalian ketahui dan mungkin bisa kalian terapkan .

1. Mengetahui pengeluaran dan pemasukan pasti disetiap bulannya

Dalam situasi yang cukup sulit seperti ini, kita harus memiliki gambaran pasti untuk kehidupan sehari hari dari berbagai macam kebutuhan. Kenapa hal ini harus dilakukan? Karena untuk mencegah istilah besar pasak dari pada tiang. Perlu sahabat ketahui, ketika hal ini tidak dijalankan dengan displin, akan berdampak kepada kualitas kesehatan sahabat semuanya.

2. Mengelola uang tabungan dengan bijaksana

Untuk sebagian orang yang memiliki tabungan, tentu akan merasa sangat bersyukur sekali dalam masa pandemic seperti ini. Karena,perlu sahabat ketahui tabungan adalah suatu hal terpenting yang bisa dijadikan solusi dan digunakan saat kondisi ekonomi yang cukup sulit seperti ini. Untuk yang tidak punya tabungan mungkin covid- 19 bisa dijadikan pelajaran agar kedepannya kita mampu untuk menyimpan sebagian kecil penghasilan untuk ditabung.

3. Tidak mengurangi aktivitas, namun hanya mengubahnya saja

Salah satu hal yang bisa membuat seseorang terganggu kesehatannya adalah ketika ia mengurangi aktivitasnya. Maksudnya adalah, ketika kalian mempunyai aktivitas sehari hari itu untuk bekerja dengan memerlukan energy yang besar, dan dimasa seperti ini jika aktivitas tersebut dikurangi atau dihilangkan akan meggaggu kesehatan sahabat semua. Jadi solusinya adalah tetap melaksanakan olahraga secara seimbang dengan pola makan yang teratur.

4. Ingat, jangan boros!

Suatu ujian paling berat yang dialami oleh sebagian orang yang terbiasa untuk shopping barang online, dengan terpaksa harus menahan keinginannya sejenak agak menekan pengeluaran. Ingat ya sahabat, jangan boros!

5. Berdoa dan Tawakal

Ketika, setiap hal sudah sahabat lakukan namun kesehatan masih terganggu, mungkin yang salah adalah hubungan vertical sahabat semua. Yaitu hubungan kita dengan sang pencipta. Maka jagalah hubungan baik antara kita dengan sang pencipta agar kita senantiasa diberikan kesehatan lalu dijaga kelangsungan hidupnya.

Dengan menjalankan beberapa hal diatas, membuat sikap kita terhadap penyeimbangan keuangan, pola makan, pola tidur, olahraga dan sebagainya lebih bijaksana. Karena dengan kondisi yang #DirumahAJA, tidak menutup kemungkinan bukan covid yang akan menyerang, namun penyakit lain, jika kita memiliki pola hidup yang kurang sehat. Berikut tips bertahan ditengah covid 19, semoga bermanfaat..

Ahmadus Subhan Seorang mahasiswa salah satu PTN di jawa tengah yang ingin memberikan opini tanpa batasan situasi. Seseorang yang terlihat 'abu' diantara hitam dan putih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *